CONTOH ABSTRAK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SEJARAH PROKLAMASI INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPS



PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SEJARAH PROKLAMASI INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPS


Nama ................

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam  proses pembelajaran IPS yang dilaksanakan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Cijeungjing Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis.  Hal ini dikarenakan kurangnya motivasi belajar siswa, dan kurang bervariasi guru dalam  menggunakan metode  dalam pembelajaran. Penelitian ini difokuskan terhadap penelaahan tentang kemampuan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode problem solving. Maka rumusan masalah pada penelitian ini: 1) Bagaimana perencanaan pelaksanaan pembelajaran IPS  untuk meningkatkan hasil belajar siswa mengenai sejarah proklamasi Indonesia melalui metode problem solving? 2) Bagaimana melaksanaan pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa mengenai sejarah proklamasi Indonesia melalui metode problem solving?  3) Bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah proklamasi Indonesia melalui metode problem solving. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yaitu suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif yang dilakukan oleh peneliti, dengan cara melakukan penelitian tindakan yang langsung dilaksanakan di kelas. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Berdasarkan analisis dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga siklus  dengan menggunakan metode problem solving. Bila dibandingkan antara kemampuan awal dengan setelah melakukan tindakan menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar siswa di siklus I memperoleh nilai rata-rata 56,8 %,  dan di siklus II memperoleh rata-rata 78%. Dengan demikian bahwa penggunaan metode problem solving dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Metode Problem Solving, Sejarah Proklamasi Indonesia
Tag : ABSTRAK
0 Komentar untuk " CONTOH ABSTRAK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SEJARAH PROKLAMASI INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPS "

Back To Top