Contoh Pelaksanaan Inovasi di SD tentang Perlunya Inovasi Pendidikan



PELAKSANAAN INOVASI DI SDN BATULAWANG


            Proses Pelaksanaannya

            Tahap inovasi pendidikan terdiri dari 5 tahapan :
1.      Tahap kesadaran (awareness), dimana seseorang atau kelompok yang menjadi sasaran inovasi mulai menyadari dan mengetahui gagasan pembaharuan.
2.      Tahap perhatian (interest), dimana seseorang atau kelompok yang menjadi sasaran mulai menaruh minat menyukai atau tidak terhadap gagasan pembaharuan.
3.      Tahap penilaian (evaluation), dimana seseorang atau kelompok yang dikenai sasaran inovasi mulai mengadakan penilaian terhadap gagasan baru, kemudian dibandingkan dengan situasi diri dan kelompoknya.
4.      Tahap percobaan (trial), dimana seseorang atau kelompok mulai berusaha mencoba menerapkan penggunaan inovasi pada skala kecil untuk menetapkan manfaatnya baik dari dirinya maupun kelompok.
5.      Tahap penerimaan (adoption), dimana seseorang atau kelompok mulai menggunakan ide pembaruan secara tetap dalam skala yang lebih luas.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh dalam upaya pencapaian tujuan inovasi pendidikan :
1.      Cara pemerataan dan peningkatan kualitas melalui :
a.       Meningkatkan kemampuan tenaga pengajar lewat penataran-penataran.
b.      Memperkaya pengalaman dan memperlancarkan proses belajar anak didik.
c.       Memantapkan nilai, sikap, keterampilan dan kesadaran lingkungan pada anak didik.


2.      Cara memperluas pelayanan pendidikan (kuantitas), yaitu melalui :
a.       Memberikan latihan keterampilan bagi mereka yang tidak pernah sekolah.
b.      Penyebaran pesan-pesan yang merangsang kegiatan belajar dan partisipasi untuk ikut membangun.

3.      Dengan cara meningkatkan keserasian pendidikan dengan pembangunan yaitu :
a.       Menanamkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang fungsional untuk kehidupan di masyarakat.
b.      Menunjukkan jalan untuk mengembangkan keterampilan hidup di masyarakat.

4.      Dengan cara meningkatkan efektivitas dan efesiensi sistem penyajian, meliputi :
a.       Memberikan kebebasan belajar sesuai dengan minat, kemampuan dan kebutuhan ke arah perkembangan yang optimal.
b.      Mengintegrasikan berbagai pengalaman dan kegiatan pendidikan.

            Hasil/Dampaknya terhadap Pendidikan

Hasil yang diharapkan dengan dilakukan inovasi adalah meningkatkan kemampuan berfikir siswa yang terdiri dari :
1.      Kemampuan berfikir kreatif (Creative Thinking)
2.      Berfikir kritis (Critical Thinking)
3.      Kemampuan memecahkan masalah (Problem Solving)
4.      Kemampuan mengambil keputusan (Decision Making)
           
            Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan memiliki pengetahuan yang lebih dari sebelumnya, memiliki ide/gagasan untuk mengemukakan pendapatnya, serta mampu memberikan jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan guru.

            Beberapa upaya yang dilakukan agar proses pengajaran dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berfikir siswa antara lain :
a.       Menggambarkan indikator-indikator masalah dalam belajar
b.      Dalam pertanyaan, dengan memberikan kemungkinan jawaban atau penjelasan
c.       Mengumpulkan bukti-bukti yang dapat digunakan untuk menguji kebenaran jawaban atau penjelasan
d.      Menguji kebenaran jawaban sesuai dengan buku-buku yang terkumpul
e.       Merumuskan kesimpulan yang didukung oleh bukti yang relevan

            Dengan menggunakan langkah-langkah tersebut siswa diharapkan mampu berfikir dengan kreatif, kritis, dapat memecahkan masalah dan juga memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan. Selain itu, siswa berani mengemukakan pendapatnya masing-masing serta dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru secara tepat. Siswa juga diharapkan dapat berdiskusi dengan siswa lainnya agar terjadi interaksi antara siswa-guru, guru-siswa, maupun siswa-siswa.

               Pembelajaran harus diupayakan lebih efektif dan efesien. Efektif disini diartikan bahwa pembelajaran harus dapat mengembangkan kemampuan siswa yang terdiri dari kognitif, apektif, dan psikomotorik. Efesien artinya pembelajaran harus dapat terselesaikan sesuai dengan waktu yang tersedia.

                Dalam pembelajaran (terutama IPA) diusahakan harus ada alat peraga yang menunjang terhadap proses pembelajaran. Solusinya adalah guru harus kreatif dalam menyikapi permasalahan selama kegiatan belajar mengajar. Apabila tidak ada alat peraga, dapat menggunakan model lain yang sederhana untuk membantu memperlancar pemahaman siswa tentang materi yang telah dipelajari.

               Beberapa upaya yang telah dilakukan dalam upaya pembaharuan di Indonesia antara lain :
1)            Pembaharuan pendidikan dalam aspek tujuan pendidikan dan pengajaran
2)            Struktur perencanaan pendidikan
3)            Pembaharuan aspek yuridis
4)            Pembaharuan tekhnologi pendidikan
5)            Pembaharuan multi metode
6)            Pembaharuan proses pendidikan
7)            Pembaharuan program pendidikan dan pengajaran

               Beberapa dampak dilakukan inovasi inovasi terhadap pendidikan cenderung berdampak positif antara lain :

1.            Mampu memberikan perubahan dan pembaharuan.

         Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, inovasi dilakukan agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Selain itu, guru harus senantiasa bersikap terbuka terhadap berbagai aspirasi atau kritikan yang muncul dari manapun datangnya. Seorang guru yang terbuka senantiasa dapat menampung aspirasi dari berbagai pihak sehingga sekolah menjadi agen perubahan dan guru sebagai pendukung utamanya. Dengan sikap seperti ini dapat menciptakan suasana kehidupan sekolah yang bermutu sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan berbagai pihak.

 



2.            Inovasi sebagai agen pembaharu dalam pendidikan.

         Seorang agen pembaharu itu adalah guru. Seorang agen pembaharu adalah seseorang yang mempengaruhi keputusan inovasi pada klien (sasaran) ke arah yang diharapkan. Selain itu juga sebagai penghubung antara lembaga pembaharu dan sasarannya sebagai pemberi kemudahan bagi lancarnya arus inovasi.



3.            Inovasi meningkatkan kemampuan mengembangkan diri.

         Dengan dilakukan inovasi dalam bidang pendidikan akan memiliki ciri dan sifat gemar meneliti dan mencoba tiap ada gagasan baru dalam pendidikan yaitu mendorong untuk mencari informasi tentang ide baru, mendapat hubungan orang lain di luar sistem.
Tag : MAKALAH
0 Komentar untuk " Contoh Pelaksanaan Inovasi di SD tentang Perlunya Inovasi Pendidikan "

Back To Top