BAB II
PEMBAHASAN
1. PENGERTIAN PSIKOLOGI
Psikologi
berasal dari kata dalam bahasa Yunani Psychology yang merupakan gabungan dan
kata psyche dan logos. Psyche berarti jiwa dan logos berarti ilmu. Secara
harafiah psikologi diartikan sebagal ilmu jiwa. Istilah psyche atau jiwa masih
sulit didefinisikan karena jiwa itu merupakan objek yang bersifat abstrak,
sulit dilihat wujudnya, meskipun tidak dapat dimungkiri keberadaannya.Jadi Psikologi
adalah suatu ilmu yang mengkaji perilaku individu dalam interaksi dengan
lingkunganannya. Perilaku yang dimaksud adalah dalam pengertian yang luas
sebagai manifestasi hayati (hidup) yang meliputi motorik, kognitif, konatif dan
afektif. Peran psikologi dalam pembelajaran dan pengajaran yaitu dapat
menciptakan suatu proses pembelajaran dan pengajaran yang efektif..
2.
PENGERTIAN PSIKOLOGI
PERKEMBANGAN
Psikologi
perkembangan adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku individu dalam
perkembangannya dan latar belakang yang mempengaruhinya. Dalam ruang lingkup
psikologi, ilmu ini termasuk psikologi khusus, karena psikologi perkembangan
mempelajari kekhususan dari pada tingkah laku individu.
v DEFINISI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN MENURUT PARA AHLI
a.
Linda L Daidoff (1991)
Psikologi
Perkembangan adalah cabang psikologi yang mempelajari perubahan dan
perkembangan stuktur jasmani, perilaku, dan fungsi mental manusia yang dimulai
sejak terbentuknya makhluk itu melalui pembuahan hingga menjelang mati.
b.
M Lenner (1976)
Psikologi
perkembangan sebagai pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan
fungsi-fungsi psikologis sepanjang hidup (mempelajari bagaimana proses berpikir
pada anak-anak, memiliki persamaan dan perbedaan, dan bagaimana kepribadian
seseorang berubah dan perkembangan dari anak-anak, remaja, sampai dewasa
c. Menurut Monks,
Knoers dan Haditono
Psikologi
perkembangan adalah suatu ilmu yang lebih mempersoalkan faktor-faktor umum yang
mempengaruhi proses perkembangan (perubahan) yang terjadi dalam diri pribadi
seseorang dengan menitikberatkan pada relasi antara kepribadian dan
perkembangan.”
d.
Menurut Kartono
“Psikologi perkembangan (psikologi anak) adalah suatu ilmu yang
mempelajari tingkah laku
manusia yang dimulai dengan periode masa bayi, anak pemain, anak sekolah, masa
remaja sampai periode adolesense menjelang dewasa.”
e.
Encyclopedia International
“Developmental
psychology is a branch of psychology devoted been placed on the search for
those elements of behavior in the child which are thought to be prerequisite
for complex adult behavior.”(Psikologi perkembangan adalah suatu cabang dari psikologi yang mengetengahkan
pembahasan tentang perilaku anak secara historic titik berat pembahasannya pada
penganalisaan elemen-elemen perilaku anak yang dimungkinkan akan menjadi syarat terbentuknya
perilaku dewasa yang kompleks).
v DEFENISI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK SECARA UMUM
Psikologi anak
merupakan cabang psikologi yang mempelajari perubahan dan perkembangan stuktur
jasmani, perilaku, dan fungsi mental manusia yang dimulai sejak terbentuknya
makhluk itu melalui pembuahan hingga menjelang mati. Psikologi anak sebagai
pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan fungsi-fungsi psikologis
sepanjang hidup (mempelajari bagaimana proses berpikir pada anak-anak, memiliki
persamaan dan perbedaan, dan bagaimana kepribadian seseorang berubah dan
berkembang.
Ø FASE ATAU PERIODISASI PERKEMBANGAN
a.PERKEMBANGAN MENURUT ARISTOTELES
Defenisi
Psikologi Perkembangan menurut Aristoteles adalah merupakan ``Periodisasi atau pembagian masa-masa
perkembangan yang didasarkan pada keadaan atau proses biologis
tertentu``,
teori ini dibagi menjadi 3 fase, antara lain :
* Fase I - Fase anak kecil : 0 – 7 th, fase I dan fase II dibatasi oleh
pergantian gigi.
* Fase II -
Fase anak sekolah: 7 – 14 th, fase II dan fase III ditandai dengan mulai
mulai bekerjanya kelenjar
kelengkapan kelamin.
* Fase remaja :
14 – 21 th.
b. PERKEMBANGAN MENURUT OSWALD KROCH
Oswald Kroch
mendefenisikan Psikologi Perkembangan
sebagai ``suatu rentang waktu perkembangan yang didasarkan pada
keadaan psikologis / masa kegoncangan yang khas dan dialami
oleh setiap anak dalam masa perkembangannya``.
pemahaman beliau dikelompokkan dalam 3 fase :
a) Dari lahir sampai masa “trotz”(
kegoncangan) pertama: kanak-kanak awal.
c) Trotz kedua sampai akhir remaja:
masa kematangan.
c. PERKEMBANGAN MENURUT Elizabeth B. Hurlock
Menurut Elizabeth B. Hurlock Psikologi
Perkembangan adalah :
sebuah proses yang mencakup sepanjang hidup manusia
sesuai dengan hakikat perkembangan manusia yang berlangsung sejak konsepsi
sampai mati .
Elizabeth B. Hurlock
mendefeniskan Psikologi Perkembangan dengan pembagian periodisasi..
pembagian periodisasi tersebut seperti dibawah ini :
a)
Masa sebelum lahir
(pranatal)
: 9 Bulan.
b)
Masa bayi baru lahir (new
born)
: 0 - 2 Minggu.
c)
Masa bayi (babyhood)
: 2 minggu - 2 Tahun.
d)
Masa kanak-kanak awal (early childhood) : 2
- 6 Tahun.
e)
Masa kanak-kanak akhir (later
chilhood) : 6 - 12 Tahun.
f)
Masa puber (puberty)
: 11/12 – 15/16 Tahun.
g)
Masa remaja ( adolesence)
: 15/16 – 21 Tahun.
h)
Masa dewasa awal (early adulthood)
: 21 - 40 Tahun.
i)
Masa dewasa madya(middle adulthood)
: 40 - 60 Tahun.
j)
Masa usia lanjut (later adulthood)
: 60 – Dipanggil Tuhan.
Ø PERKEMBANGAN ANAK
fungsi-fungsi
fisik maupun mental sebagai hasil keterkaitannya dengan pengaruh lingkungan.
Perkembangan ditunjukkan dengan perubahan yang bersifat sistematis, progresif dan
berkesinambungan.
Ø PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN ANAK
Sepanjang perjalanan perkembangan anak, ada beberapa prinsip-prinsip
perkembangan sabagai berikut :
a. Perkembangan
berlangsung seumur hidup dan meliputi semua aspek.
b.Setiap
anak memiliki kecepatan (tempo) dan kualitas perkembangan yang
Berbeda.
c. Perkembangan secara relatif
beraturan, mengikuti pola-pola tertentu.
d.Perkembangan
berlangsung secara berangsur-angsur sedikit demi sedikit.
e.Perkembangan
berlangsung dari kemampuan yang bersifat umum menuju
ke yang lebih khusus, mengikuti proses diferensiasi dan integrasi.
f. Secara normal
perkembangan individu mengikuti seluruh fase.
g. Sampai batas-batas tertentu, perkembangan
sesuatu aspek dapat
dipercepat atau diperlambat.
h. Perkembangan aspek-aspek tertentu berjalan
sejajar atau berkorelasi
dengan aspek lainnya.
i. Pada saat-saat tertentu dan dalam
bidang-bidang tertentu perkembangan
pria berbeda dengan wanita
Ø TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN MASA KANAK-KANAK
Anak ( dalam proses perkembangannya ) bukan berarti hanya
dan selalu diperhatikan oleh orang tua dan sekitarnya saja, akan tetapi ada
hal-hal yang harus dikuasai oleh anak dalam proses perkembanganya, antara lain
:
a.
Belajar Berjalan.
b.
Belajar Mengambil Makanan.
c.
Belajar Berbicara.
d.
Belajar mengontrol cara-cara buang air.
e.
Belajar mengetahui jenis kelamin.
g.
Memiliki konsep sosial dan fisik walaupun masih sederhana.
h.
Belajar hubungan sosial.
i.
Belajar membedakan mana yang baik dan tidak baik.
Ø ASPEK PERKEMBANGAN ANAK
a.
Perkembangan Motorik.
b.
Perkembangan Kognitif.
c.
Perkembangan Struktur Kognitif.
d.
Perkembangan.
Ø PERANAN ORANGTUA DALAM PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK
a.
Beri kesempatan memilih.
b.
Hargailah usahanya.
c.
Menghindari terlalu banyak bertanya.
d.
Dorong untuk melihat alternatif.
e.
Jangan patahkan semangatnya.
Ø KEGUNAAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
a.
Dengan mempelajari psikologi, orang akan mengetahui fakta-fakta dan
prinsip- prinsip mengenai tingkah laku manusia.
b.
Untuk memahami diri kita sendiri dengan mempelajari psikologi sedikit banyak
orang akan mengetahui kehidupan jiwanya sendiri, baik segi pengenalan perasaan,
kehendak, maupun tingkah laku lainnya.
c.
Dengan mengetahui jiwanya dan memahami dirinya itu maka orang dapat menilai
dirinya sendiri.
d.
Pengenalan dan pemahaman terhadap kehidupan jiwa sendiri merupakan bahan yang
sangat penting untuk dapat memahami kehidupan jiwa orang lain.
e.
Dengan bekal pengetahuan psikologi juga dapat dipakai sebagai bahan untuk
menilai tingkah laku normal, sehingga kita dapat mengetahui apakah tingkah laku
seseorang itu sesuai tidak dengan tingkat kewajarannya, termasuk tingkat
kenormalan tingkah laku kita sendiri.
Ø manfaat mempelajari Psikologi Perkembangan,
diantaranya yaitu:
1. Untuk
mengetahui tingkah laku individu itu sesuai atau tidak dengan tingkat usia/
perkembangannya.
2. Untuk
mengetahui tingkat pemampuan individu pada setiap fase perkembangannya.
3. Untuk
mengetahui kapan individu bisa diberi stimulus pada tingkat perkembangan
tertentu.
4. Agar dapat
mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan-perubahan yang akan dihadapi
anak.
5. Khusus bagi
guru, agar dapat memilih dan memberikan materi dan metode yang sesuai dengan
kebutuhan anak.
Tag :
MAKALAH PSIKOLOGI
0 Komentar untuk " CONTOH MAKALAH “PENGERTIAN PSIKOLOGI & PSIKOLOGI PERKEMBANGAN” BAB II "