BAB II
PEMBAHASAN
A.
Definisi Teknologi
Teknologi pendidikan
adalah kajian dan praktik untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan,
dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai. Istilah teknologi
pendidikan sering dihubungkan dengan teori belajar dan pembelajaran.
Bila teori belajar dan pembelajaran mencakup proses dan
sistem dalam belajar dan pembelajaran, teknologi pendidikan mencakup sistem
lain yang digunakan dalam proses mengembangkan kemampuan manusia
dalam kehidupannya.
Iskandar
Alisyahbana (1980) mengemukakan :
“Teknologi
telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu, karena dorongan untuk hidup yang lebih
nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya
telah ada teknologi, meskipun istilah teknologi belum digunakan. Istilah
teknologi berasal dari techne atau
cara dan logos atau pengetahuan”.
Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan
pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara
melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan
alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh
anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia
Teknologi pendidikan/teknologi pendidikan adalah suatu disiplin/bidang (field of study). Tujuan utama teknologi pendidikan adalah untuk memecahkan masalah belajar atau
memfasilitasi pembelajaran; dan untuk meningkatkan kinerja. Teknologi
pendidikan/pembelajaran menggunakan pendekatan system (pendekatan yang holistic/komprehensif, bukan pendekatan
yang bersifat parsial). Kawasan teknologi pendidikan dapat meliputi kegiatan
analisis, desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, implementasi dan
evaluasi baik proses-proses maupun sumber-sumber belajar, yang dimaksud dengan teknologi dalam teknologi
pendidikan adalah teknologi dalam arti luas, bukan hanya teknologi fisik (hardtech), tapi juga teknologi lunak (softtech).
Teknologi Pendidikan adalah proses kompleks yang
terintegrasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana dan organisasi untuk
menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan
masalah dalam segala aspek belajar manusia
Teknologi pendidikan adalah pengembangan, penerapan,
dan penilaian system-sistem, teknik-teknik dan alat-alat Bantu untuk
memperbaiki proses belajar manusia. Dalam rumusan ini, fungsi pokok
teknologi pendidikan adalah penerapan,dengan obyek pengetahuan ilmiah atau
hasil penelitian, dengan obyek dansasaran yang terdiri atas system-system,
teknik-teknik dan alat-alat Bantu,dengan maksud memperbaiki proses belajar yang
dilakukan manusia
Berdasarkan definisi-definisi diatas dapat
disimpulkan bahwa Teknologi Pendidikan adalah suatu disiplin/bidang Istilah teknologi
pendidikan dipakai bergantian dengan
istilah teknologi pendidikan tujuan utama teknologi pendidikan adalah :
1. Untuk memecahkan
masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran; dan
2. Untuk meningkatkan
kinerja.
3. Dalam
mewujudkannya menggunaka pendekatan sistemik (pendekatan
yangholistic/komprehensif, bukan pendekatan yang bersifat parsial)
4. Kawasan
teknologi pendidikan dapat meliputi
kegiatan yang berkaitandengan analisis, desain, pengembangan, pemanfaatan,
pengelolaan,implementasi dan evaluasi baik proses-proses maupun sumber-sumber
belajar.
5. Teknologi
pendidikan tidak hanya bergerak di
persekolahan tetapi jugadalam semua aktifitas manusia (seperti perusahaan,
keluarga, organisasimasyarakat, dan lain-lain) sejauh berkaitan dengan upaya
memecahkanmasalah belajar dan peningkatan kinerja.
6. Yang
dimaksud dengan teknologi disini adalah teknologi dalam arti luas, bukan
hanya teknologi fisik (hardtech),
tetapi juga teknologi lunak (softtech).
Menurut
Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal
manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih
nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya
telah ada teknologi, meskipun istilah teknologi belum digunakan. Istilah
teknologi berasal dari techne atau cara
dan logos atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan
pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara
melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan
alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh
anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.
Sedangkan
menurut Jaques Ellul memberi arti teknologi sebagaikeseluruhan metode yang
secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang
kegiatan manusia.
Pengertian
teknologi secara umum adalah:
1. proses yang meningkatkan nilai tambah
2. produk yang digunakan dan dihasilkan untuk
memudahkan dan meningkatkan kinerja
3. Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan
Sedangkan
dampak adalah suatu akibat yang ditimbulkan oleh sesuatu . Jadi dampak
teknologi adalah akibat yang ditimbulkan oleh suatu teknologi, bisa akibat baik
bisa juga akibat buruk dalam kehidupan manusia. Kemajuan teknologi adalah
sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan
teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap
inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia.
Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas
manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat
yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir
ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan
manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal
negatif. Karena itu pada makalah ini kami membuat dampak-dampak positif dan
negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia
Tag :
MAKALAH PLSBT
0 Komentar untuk " CONTOH MAKALAH DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP TATANAN HIDUP MASYARAKAT BAB II PEMBAHASAN DEFINISI TEKNOLOGI "