ABSTRAK
PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE
LEARNING TYPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG
NEGARA-NEGARA ASEAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VI SDN I CIJEUNGJING
KECAMATAN CIJEUNGJING
KABUPATEN CIAMIS
Penelitian
ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada pokok bahasan
negara-negara Asean di kelas VI SDN 1 Cijeungjing. Hal ini disebabkan : 1) Proses pembelajaran
IPS materi Negara-negara Asean tidak dilaksanakan dengan memberikan kesempatan kepada
siswa untuk melakukan aktivitas yang bermakna, sehingga pembelajaran yang
tampak mencerminkan (teacher centered) dengan
menjejali siswa materi-materi dengan menggunakan metode ceramah, 2) Dalam
menjelaskan materi tidak menggunakan media yang relevan dengan materi sehingga
materi yang disampaikan verbalistis, 3)
Pembelajaran IPS materi Negara-negara Asean tidak direncanakan dengan
menggunakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan aspek keterampilan
sosial siswa dengan sesama temannya, 4) Hasil belajar siswa pada pembelajaran
IPS materi Negara-negara Asean belum mencapai KKM yang ditentukan. Berdasarkan
permasalahan di atas, penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan
guru menggunakan model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada
siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat melakukan
interaksi sosial dan berkomunikasi dengan sesamanya untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Model pembelajaran yang sesuai dengan gambaran tersebut adalah
Model Cooperative Learning Type STAD. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian Tindakan Kelas adaptasi dari model Kemmis dan M.C. Taggart
yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dari perencanaan, tindakan dan
observasi serta refleksi. Penelitian ini dilakukan di Kelas VI SDN 1
Cijeungjing, yang terdiri dari 15 orang siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil observasi kinerja guru
membuat RPP mengalami peningkatan pada siklus I 76% dan pada siklus II 92%.
Dalam pelaksanaan pembelajaran juga ada peningkatan, yakni pada siklus I 75%,
sedangkan pada siklus II 90%. Hasil
belajar siswa juga ada peningkatan yakni pada Siklus I 75%, sedangkan pada
siklus II 91%, dan aktivitas siswa pada pembelajaran juga ada peningkatan
siklus I 74% sedangkan pada siklus II 91%.Berdasarkan hasil ini dapat
disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative
Learning Type STAD
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang
Negara-negara Asean.
Kata
Kunci : Model
Cooperative Learning Type
STAD, Negara-negara Asean
Tag :
ABSTRAK
0 Komentar untuk " CONTOH ABSTRAK PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG NEGARA-NEGARA ASEAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VI SDN I CIJEUNGJING KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS "