PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA
TENTANG SEJARAH PROKLAMASI INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPS
Nama ................
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi
oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam
proses pembelajaran IPS yang dilaksanakan di kelas V Sekolah Dasar
Negeri 1 Cijeungjing Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Hal ini dikarenakan kurangnya motivasi
belajar siswa, dan kurang bervariasi guru dalam
menggunakan metode dalam
pembelajaran. Penelitian ini difokuskan terhadap penelaahan tentang kemampuan
guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran,
aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode problem solving. Maka rumusan masalah
pada penelitian ini: 1) Bagaimana perencanaan pelaksanaan pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa
mengenai sejarah proklamasi Indonesia melalui metode problem solving? 2) Bagaimana melaksanaan pembelajaran IPS untuk
meningkatkan hasil belajar siswa mengenai sejarah proklamasi Indonesia melalui
metode problem solving? 3)
Bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah proklamasi Indonesia
melalui metode problem solving.
Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yaitu suatu bentuk
penelitian yang bersifat reflektif
yang dilakukan oleh peneliti, dengan cara melakukan penelitian tindakan yang
langsung dilaksanakan di kelas. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Berdasarkan
analisis dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan menggunakan metode problem solving. Bila dibandingkan antara kemampuan awal dengan
setelah melakukan tindakan menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat
dilihat dari nilai hasil belajar siswa di siklus I memperoleh nilai rata-rata
56,8 %, dan di siklus II memperoleh
rata-rata 78%. Dengan demikian bahwa penggunaan metode problem solving dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Metode Problem Solving,
Sejarah Proklamasi Indonesia
Tag :
ABSTRAK
0 Komentar untuk " CONTOH ABSTRAK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SEJARAH PROKLAMASI INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPS "