KESIMPULAN DAN TANGGAPAN
3.1. Kesimpulan
Secara umum, inovasi diartikan sebagai pembaharuan atau perubahan yang
terjadi dari suatu keadaan lain yang berbeda dengan keadaan sebelumnya.
Perubahan hampir sama dengan inovasi atau pembaharuan. Dalam perubahan proses
terjadinya bisa berlangsung secara alamiah. Tetapi suatu perubahan dikatakan
inovasi apabila perubahan tersebut dilakukan dengan sengaja untuk memperbaiki
keadaan sebelumnya agar lebih menguntungkan bagi peningkatan kualitas hidup,
terutama dalam dunia pendidikan yang erat kaitannya dengan kemajuan suatu
bangsa.
Permasalahan-permasalahan yang
dihadapi dalam bidang pendidikan seyogyanya perlu mendapat pemecahan yang
tepat, artinya harus diselesaikan secara sistematis, bertahap, dan berencana.
Hal ini disebabkan karena masalah pendidikan merupakan masalah yang kompleks.
Oleh karena itu, pendidikan hars senantiasa berubah ke arah yang lebih baik.
Dalam
kepentingan tersebut, diadakanlah inovasi dalam bidang pendidikan. Hal ini
dilakukan untuk merubah kualitas pendidikan menjadi lebih baik dari keadaan
sebelumnya guna mengikuti perkembangan zaman dan IPTEK yang ada di Indonesia.
3.2. Tanggapan
Peranan
pendidikan merupakan faktor penting dalam upaya menyelesaikan masalah dalam kehidupannya.
Tingkat kemajuan suatu bangsa juga dapat ditinjau dari tingkat pendidikan
bangsa itu sendiri. Semakin baik tingkat pendidikan masyarakat, semakin maju
pula bangsanya. Sebaliknya, semakin terpuruk dan rendahnya pendidikan suatu
bangsa, maka bidang pendidikan di negara tersebut dapat semakin terhambat.
Berbeda
dengan negara-negara yang sudah maju, di negara-negara yang sedang berkembang
(termasuk Indonesia) pendidikan mulai lebih diperhatikan setelah dalam waktu
yang cukup lama kurang terurus sehingga masalah-masalah yang dihadapi
pendidikan berlipat ganda dengan kompleksitas yang cukup rumit.
Beberapa
hal yang diharapkan setelah dilakukan inovasi pendidikan antara lain :
1)
Perubahan
hendaknya dapat menunjukkan sesuatu hal yang relatif baru atau berbeda dari
keadaan sebelumnya.
2)
Perbedaan
keadaan sebelum dan setelah diharapkan dapat lebih bersifat kualitatif daripada
kauntitatif.
3)
Pembaharuan
dalam bidang pendidikan dapat mencakup semua aspek yang ada dalam sistem
pendidikan, baik dalam skala makro maupun skala mikro, baik aspek manajerial
maupun aspek operasional.
4)
Perubahan
yang dilakukan hendaknya direncanakan dengan baik berdasarkan pada fakta
tentang masalah yang dihadapi sehingga sesuai dengan kebutuhan nyata, bukan
atas dasar suka atau tidak suka.
5)
Perubahan
yang terjadi hendaknya tertuju pada pencapaian tujuan yang jelas yang
dirumuskan dengan perencanaan yang matang.
6)
Perubahan
hendaknya dalam rangka memperbaiki sistem dan meningkatkan kemampuan sistem
pendidikan seoptimal mungkin.
7)
Seorang
pembaharu diharapkan dapat memanfaatkan sumber dana yang ada dan mungkin
terbatas tetapi dapat membawa hasil yang setinggi-tingginya.
Dengan demikian, kemajuan dalam
bidang pendidikan dapat tercapai sesuai dengan misi dan tujuan inovasi, yakni
memecahkan permasalahan yang terjadi dan yang dihadapi dalam dunia pendidikan.
Inovasi pendidikan mengemban misi yang dalam meningkatkan pemerataan kesempatan
memperoleh pendidikan, peningkatan mutu pendidikan, relevansi pendidikan,
secara efektif dan efesien menuju kemajuan pendidikan bangsa di Indonesia.
Tag :
MAKALAH
0 Komentar untuk " Contoh Kesimpulan dan Tanggapan tentang Perlunya Inovasi Pendidikan "