PENGALAMAN LAYANAN BIMBINGAN
Nama Murid :
Intan Maulani Rahman
Jenis Kelamin :
Perempuan
Kelas :
B2
LANGKAH-LANGKAH BIMBINGAN
1.
IDENTIFIKASI MASALAH
Untuk mengidentifikasi masalah
dilakukan dengan beberapa teknik, diantaranya :
a.
Observasi pada waktu kegiatan
belajar
b.
Tes pada waktu anak sedang
mengikuti pelajaran
c.
Wawancara dengan guru, orang
tua serta langsung wawancara dengan anak yang berangkutan
d.
Melihat langsung setiap
mengikuti pelajaran Intan selalu didampingi oleh Ibunya, bila ditinggal sebentar
keluar Intan terus menangis karena ketakutan ditinggal oleh ibunya.
e.
Tes pada saat Intan mewarnai
gambar, Intan selalu memita Ibunya berada didekatnya dan mengerjakan tugasnya,
jika Ibunya tidak membantu, Intan tidak
mau mengerjakannya.
f.
Wawancara dengan Ibunya
langsung bahwa Intan tidak pernah lepas dari pantauan Ibunya, tadinya Intan
akan menjadi anak bungsu mungkin karena itu Intan menjadi anak yang manja dan
pemalu, sehingga dalam mengerjakan tugas di sekolahpun selalu ingin dengan
Ibunya
2.
DIAGNOSA
Hasil dari ciri-ciri diatas maka
Intan adalah anak yang manja dan pemalu dikarenakan selalu didampingi dan
dimanja oleh Ibunya
3.
PROGNOSA
Intan adalah anak kedua dari tiga
bersaudara, jarak umur dari adiknya adalah empat tahun, dikarenakan tadinya
anak bungsu, maka dia menjadi anak manja dan pemalu karena selalu dimanja oleh
Ibunya seperti anak bungsu.
4.
TERAPI
Untuk mengatasi masalah ini perlu diadakan penyembuhan
pada anak tersebut diantaranya :
a.
Didalam kelas guru harus selalu
memberikan pujian dan dorongan pada Intan agar tumbuh rasa percaya diri tanpa
harus selalu dengan Ibunya.
b.
Dalam memberikan pada Intan
disekolah diusahakan yang menarik perhatiannya dan jangan terlalu cepat
memberikan pertolongan pada saat Intan menemukan kesulitan, biarkan Intan memecahkan
sendiri persoalan yang ditemukan agar terbiasa mengerjakan sendiri.
c.
Guru memberikan pengarahan pada
Ibunya untuk memperlakukan Intan secara wajar tanpa membedakan yang berlebihan,
dilihat dari jumlah anak yang dimiliki anak pertama atau terakhir agar anak
tumbuh menjadi anak yang mandiri.
5.
EVALUASI/TINDAK LANJUT
Jika Intan selesai mengerjakan
tugas berilah pujian dari guru, dan buatlah seolah pekerjaan yang telah selesai
itu Intan yang mengerjakannya, meskipun dikerjakan oleh Ibunya, agar Intan mau
mengerjakan sendiri pekerjaannya dan timbul rasa percaya diri karena mendapat
pujian dari guru.
Tasikmalaya, Agustus 2014
Praktikan
Ttd
R. Eulis Siti CH
NIM : 042520
Tag :
MAKALAH
0 Komentar untuk " CONTOH LAPORAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN DI TK AISYIYAH 8 KECAMATAN CIBEUREUM TASIKMALAYA "