Latar Belakang dan Perlunya Inovasi Pendidikan
Inovasi merupakan perubahan atau
pembaharuan yang terjadi baik dalam bentuk pemikiran/ide, kegiatan praktek
kerja, atau berbentuk produk barang yang dianggap baru dan berbeda oleh
seseorang penerima dari keadaan sebelumnya.
Berbagai perubahan yang terjadi di
dalam bidang pendidikan seringkali membawa dampak (baik positif maupun negatif)
dalam pendidikan tersebut. Dalam perkembangannya, diperlukan adanya inovasi
agar pendidikan tersebut dapat meningkat khususnya secara kualitatif guna
mencapai tujuan yang diharapkan.
Menurut kamus besar Bahasa
Indonesia, inovasi diartikan pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru,
penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya
(gagasan, metode, atau alat). Secara umum, inovasi sebagai pembaharuan atau
perubahan yang terjadi dari suatu keadaan pada keadaan lain yang berbeda dengan
keadaan sebelumnya.
Santoso S. Hamijoyo; 1974
mengemukakan bahwa inovasi pendidikan adalah suatu perubahan yang baru dan
kualitatif berbeda dari hal (yang ada) sebelumnya dan sengaja diusahakan untuk
meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam bidang pendidikan.
Kata kualitatif berarti inovasi tersebut memungkinkan adanya
reorganisasi atau pengaturan kembali unsur-unsur dalam pendidikan. Jadi bukan
semata-mata penambahan atau penjumlahan dari unsur-unsur komponen yang ada
sebelumnya. Inovasi terjadi perubahan menyangkut aspek tertentu, perubahan
biasanya berbagai aspek bahkan total atau keseluruhan.
Pembaharuan dalam sektor pendidikan
dilakukan sebagai upaya sengaja untuk memperbaiki hal ikhwal tentang
pendidikan, baik itu berbentuk hal, ide atau praktek-praktek pendidikan yang
baru untuk meningkatkan kemampuan mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan
efesien.
Dalam inovasi, tidak hanya sekedar
terjadinya perubahan dari suatu keadaan menuju keadaan yang lain tapi juga
terjadi sesuatu yang baru (terdapat unsur kesengajaan), unsur kualitas (mutu)
yang lebih baik dari sebelumnya dan terarah pada peningkatan berbagai kemampuan
untuk mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan.
Permasalahan
yang mendorong dilaksanakannya inovasi pendidikan :
1. Faktor yang ada dalam sistem pendidikan.
Kelemahan dan kekurangan dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, penelitian
dan pengelolaan pendidikan yang mengakibatkan penyelenggaraan pendidikan kurang
relevan dengan kebutuhan masyarakat.
2. Faktor yang ada di luar sistem pendidikan :
a. Eksploitasi penduduk yang besar yang menuntut
pelayanan dan sarana serta fasilitas pendidikan yang banyak.
b. Meningkatkan aspirasi masyarakat terhadap
pendidikan.
c. Tingginya angka keterlantaran pendidikan.
d. Belum tumbuhnya suasana yang subur di
masyarakat untuk melakukan perubahan sesuai tuntutan zaman.
e. Pesatnya perkembangan IPTEK.
f. Terbatasnya sumber yang mendukung terlaksananya
pendidikan secara efektif dan efesien.
Tag :
MAKALAH
0 Komentar untuk " Contoh Latar Belakang dan Perlunya Inovasi Pendidikan "