Proses Pelaksanaan Pembelajaran melalui Penggunaan Metode Problem Solving di Kelas V SDN 1 Cijeungjing



Proses Pelaksanaan Pembelajaran melalui Penggunaan Metode Problem Solving di Kelas V SDN 1 Cijeungjing
Kegiatan pembelajaran  tiap siklus dilaksanakan dengan berpedoman pada rencana pembelajaran tiap siklus, yamg terdapat pada lampiran. Tindakan siklus I dilaksanakan pada hari Rabu tanggal  15 Maret 2014 , dan siklus II dilaksanakan pada hari rabu tanggal 22 Maret 2014. Pada  setiap pembelajaran tiap siklus diakhiri dengan tes akhir.
a.    Siklus I
Pembelajaran pada materi sejarah proklamasi Indonesia   dengan menggunakan  metode problem solving  dapat dilaksanakan dengan cukup baik meskipun terdapat beberapa kekurangan karena siswa masih tampak kurang aktif dalam belajar, kurang merespon pertanyaan guru, kurang dalam diskusi cenderung didomonasi oleh siswa yang pintar.
Dalam pengembangan langkah-langkah pembelajaran guru tidak menetapkan alokasi waktu sehingga menjadikan pembelajaran melebar, kurang terarah dan banyak waktu yang kurang dimanfaatkan dengan baik. kemampuan guru dalam menggunakan  metode problem solving perlu ditingkatkan lagi di antaranya  dalam apersepsi, memotivasi siswa dalam belajar, dalam menyimpulkan materi dan memberikan tindak lanjut sehingga pembelajaran tidak bersifat teacher center.
b.         Siklus II
Pada siklus ini interaksi guru dan siswa sudah baik, penggunaan metode problem solving guru dalam apersepsi, dalam memotivasi belajar siswa, dan dalam menyimpulkan materi pembelajaran sudah  baik. Selainitu guru sudah bisa menguasai kelas dengan baik dan mengalokasikan waktu sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Pada saat kegiatan pembelajaran siswa lebih aktif dalam memecahkan masalah, sehingga hasil belajar sudah lebih baik.
Berdasarkan analisis kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan  metode problem solving tiap siklusnya mengalami peningkatan, sebagai gambaran peningkatan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran dapat dilihat pada tabel berikut ini :
                  Tabel 4.13
Nilai Kinerja Guru dalam Proses Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I dan Siklus II

No
Siklus
Nilai Kinerja Guru
1
I
72
2
II
90

     Dari tabel 4.13 di atas dapat diketahui bahwa nilai kinerja guru guru dalam pelaksanaan pembelajaran tiap siklus mengalami peningkatan, untuk lebih jelasnya disajikan dalam diagram 4.2 berikut ini :


   100
     90                                                                                  Keterangan
     80                                                                                       Siklus I
     70                                                                                       Siklus II
     60                                                                                      
     50
     40
     30
     20
     10

       
Gambar 4.2
Rekapitulasi Hasil Observasi Kinerja Guru
dalam Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I dan Siklus II
Tag : ARTIKEL
0 Komentar untuk " Proses Pelaksanaan Pembelajaran melalui Penggunaan Metode Problem Solving di Kelas V SDN 1 Cijeungjing "

Back To Top