Proses
Pelaksanaan Pembelajaran melalui Penggunaan Metode Problem Solving di Kelas V SDN 1 Cijeungjing
Kegiatan pembelajaran tiap siklus dilaksanakan dengan berpedoman
pada rencana pembelajaran tiap siklus, yamg terdapat pada lampiran. Tindakan
siklus I dilaksanakan pada hari Rabu tanggal
15 Maret 2014 , dan siklus II dilaksanakan pada hari rabu tanggal 22 Maret
2014. Pada setiap pembelajaran tiap
siklus diakhiri dengan tes akhir.
a.
Siklus I
Pembelajaran pada materi sejarah
proklamasi Indonesia dengan menggunakan
metode problem solving dapat
dilaksanakan dengan cukup baik meskipun terdapat beberapa kekurangan karena
siswa masih tampak kurang aktif dalam belajar, kurang merespon pertanyaan guru,
kurang dalam diskusi cenderung didomonasi oleh siswa yang pintar.
Dalam pengembangan langkah-langkah
pembelajaran guru tidak menetapkan alokasi waktu sehingga menjadikan
pembelajaran melebar, kurang terarah dan banyak waktu yang kurang dimanfaatkan
dengan baik. kemampuan guru dalam menggunakan metode problem
solving perlu ditingkatkan lagi di antaranya dalam apersepsi, memotivasi siswa dalam
belajar, dalam menyimpulkan materi dan memberikan tindak lanjut sehingga
pembelajaran tidak bersifat teacher
center.
b.
Siklus II
Pada siklus ini interaksi guru dan
siswa sudah baik, penggunaan metode problem
solving guru dalam apersepsi, dalam memotivasi belajar siswa, dan dalam
menyimpulkan materi pembelajaran sudah
baik. Selainitu guru sudah bisa menguasai kelas dengan baik dan
mengalokasikan waktu sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Pada saat
kegiatan pembelajaran siswa lebih aktif dalam memecahkan masalah, sehingga
hasil belajar sudah lebih baik.
Berdasarkan analisis kinerja guru
dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode problem
solving tiap siklusnya mengalami peningkatan, sebagai gambaran peningkatan
kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran dapat dilihat pada tabel berikut
ini :
Tabel 4.13
Nilai Kinerja Guru dalam
Proses Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I dan Siklus II
No
|
Siklus
|
Nilai Kinerja Guru
|
1
|
I
|
72
|
2
|
II
|
90
|
Dari tabel
4.13 di atas dapat diketahui bahwa nilai kinerja guru guru dalam pelaksanaan
pembelajaran tiap siklus mengalami peningkatan, untuk lebih jelasnya disajikan
dalam diagram 4.2 berikut ini :
100
90 Keterangan
80 Siklus
I
70 Siklus
II
60
50
40
30
20
10
Gambar 4.2
Rekapitulasi Hasil Observasi Kinerja Guru
dalam Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I dan Siklus II
Tag :
ARTIKEL
0 Komentar untuk " Proses Pelaksanaan Pembelajaran melalui Penggunaan Metode Problem Solving di Kelas V SDN 1 Cijeungjing "