PENGARUH MENDENGARKAN LAGU ABC TERHADAP
KEMAMPUAN MENGINGAT PENGUCAPAN ABJAD DALAM
B. INGGRIS PADA ANAK KELAS 2 SD MATHALUL
KOERIYAH BANDUNG
I. PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Seiring dengan
kemajuan zaman yang semakin
berkembang, bahasa menjadi salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan. Seperti yang kita ketahui bahasa. Indonesia merupakan bahasa ibu bagi negara kita,
namun demikian kita dituntut untuk menguasai bahasa asing agar menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.
Bahasa Inggris merupakan bahasa global bagi semua negara, bahkan sudah menjadi bahasa kedua bagi setiap negara
maju dan berkembang. Oleh karena itu kurikulum pendidikan negara kitapun
mengharuskan kita untuk belajar bahasa. Inggris dari sejak dini.
Dalam sebuah
tinjauan komprehensif terhadap ratusan studi yang berbasis empiris antara tahun 1972 dan 1992, tiga pendidik yang berasosiasi
dengan future of music project menemukan bahwa musik dapat membantu dalam belajar membaca, belajar
bahasa (termasuk bahasa inggris), matematika, dan bidang akademis lainnya. Para
peneliti juga menemukan bahwa musik meningkatkan kreativitas, memperbaiki
kepercayaan diri murid, mengembangkan keterampilan sosial dan menaikkan
perkembangan keterampilan motorik, dan persepsi.
Anak kelas 2
SD, sudah mulai belajar bahasa Inggris di
mana terlebih dahulu anak diperkenalkan mengenai abjad lalu pengucapan lafal
abjad tersebut; kesulitan dalam mengucapkan lafal bahasa Inggris membuat anak
seringkali merasa malas untuk berhadapan dengan pelajaran tersebut. Padahal
seperti yang kita ketahui bahasa
Inggris merupakan bahasa penting kedua setelah bahasa nasional kita.
Oleh karena itu peneliti
ingin memperdengarkan lagu ABC yang bernada
riang kepada anak kelas 2 SD agar mereka
tidak menjadikan pelajaran bahasa Inggris, sebagai pelajaran yang susah untuk dipelajari namun pelajaran yang menyenangkan, sehingga mereka akan dengan mudah
menghafalkan abjad dalam bahasa Inggris.
1.2
Identifikasi Masalah
Lagu ABC yang diperdengarkan
memiliki nada yang riang dengan beat
yang cepat. Lagu ABC merupakan
pengganti guru yang mengajarkan
pelafalan alphabet bahasa Inggris
sehingga diharapkan anak lebih mudah untuk mengingat abjad tersebut.
Ingatan atau memory mempunyai 3 tahap
yaitu penyandian (enconding, pemasukan pesan kedalam ingatan), penyimpanan
(storage), dan pengambilan
(retrieval, mengingat
kembali apa yang telah disimpan).
Berdasarkan uraian di atas,
maka dapat diidentifikasikan suatu rumusan masalah yaitu "sejauh mana
pengaruh mendengarkan lagu ABC terhadap
kemampuan mengingat pengucapan abjad dalam bahasa Inggris pada anak kelas 2 SD Mathalul Koeriyah BDG."
1.3
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendapat data empiris mengenai
pengaruh mendengarkan lagu ABC terhadap
kemampuan mengingat pengucapan abjad dalam bahasa Inggris pada anak kelas 2 SD Mathalul Koeriyah BDG
Dari penelitian diharapkan
dapat memberi kegunaan :
a. Untuk menambah pengetahuan khususnya mengenai materi
memori.
b. Untuk membantu dalam memahami praktikum dengan
menggunakan metode eksperimen dan metode statisik.
c. Untuk membantu anak dalam menghafalkan pengucapan
huruf alphabet dalam bahasa
Inggris.
d. Memberikan cara baru kepada pihak sekolah untuk
memberi kemudahan dalam memberikan hapalan bahasa Inggris.
Tag :
MAKALAH
0 Komentar untuk " CONTOH MAKALAH PENGARUH MENDENGARKAN LAGU ABC TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT PENGUCAPAN ABJAD DALAM B. INGGRIS PADA ANAK KELAS 2 SD MATHALUL KOERIYAH BANDUNG BAB I "