CONTOH MAKALAH PENGARUH MENDENGARKAN LAGU ABC TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT PENGUCAPAN ABJAD DALAM B. INGGRIS PADA ANAK KELAS 2 SD MATHALUL KOERIYAH BANDUNG BAB I

PENGARUH MENDENGARKAN LAGU ABC TERHADAP
KEMAMPUAN MENGINGAT PENGUCAPAN ABJAD DALAM
B. INGGRIS PADA ANAK KELAS 2 SD MATHALUL
KOERIYAH BANDUNG

I.        PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Seiring dengan kemajuan zaman yang semakin berkembang, bahasa menjadi salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan. Seperti yang kita ketahui bahasa. Indonesia merupakan bahasa ibu bagi negara kita, namun demikian kita dituntut untuk menguasai bahasa asing agar menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Bahasa Inggris merupakan bahasa global bagi semua negara, bahkan sudah menjadi bahasa kedua bagi setiap negara maju dan berkembang. Oleh karena itu kurikulum pendidikan negara kitapun mengharuskan kita untuk belajar bahasa. Inggris dari sejak dini.
Dalam sebuah tinjauan komprehensif terhadap ratusan studi yang berbasis empiris antara tahun 1972 dan 1992, tiga pendidik yang berasosiasi dengan future of music project menemukan bahwa musik dapat membantu dalam belajar membaca, belajar bahasa (termasuk bahasa inggris), matematika, dan bidang akademis lainnya. Para peneliti juga menemukan bahwa musik meningkatkan kreativitas, memperbaiki kepercayaan diri murid, mengembangkan keterampilan sosial dan menaikkan perkembangan keterampilan motorik, dan persepsi.
Anak kelas 2 SD, sudah mulai belajar bahasa Inggris di mana terlebih dahulu anak diperkenalkan mengenai abjad lalu pengucapan lafal abjad tersebut; kesulitan dalam mengucapkan lafal bahasa Inggris membuat anak seringkali merasa malas untuk berhadapan dengan pelajaran tersebut. Padahal seperti yang kita ketahui bahasa Inggris merupakan bahasa penting kedua setelah bahasa nasional kita.
Oleh karena itu peneliti ingin memperdengarkan lagu ABC yang bernada riang kepada anak kelas 2 SD agar mereka tidak menjadikan pelajaran bahasa Inggris, sebagai pelajaran yang susah untuk dipelajari namun pelajaran yang menyenangkan, sehingga mereka akan dengan mudah menghafalkan abjad dalam bahasa Inggris.

1.2         Identifikasi Masalah
Lagu ABC yang diperdengarkan memiliki nada yang riang dengan beat yang cepat. Lagu ABC merupakan pengganti guru yang mengajarkan pelafalan alphabet bahasa Inggris sehingga diharapkan anak lebih mudah untuk mengingat abjad tersebut.
Ingatan atau memory mempunyai 3 tahap yaitu penyandian (enconding, pemasukan pesan kedalam ingatan), penyimpanan (storage), dan pengambilan (retrieval, mengingat kembali apa yang telah disimpan).
Berdasarkan uraian di atas, maka dapat diidentifikasikan suatu rumusan masalah yaitu "sejauh mana pengaruh mendengarkan lagu ABC terhadap kemampuan mengingat pengucapan abjad dalam bahasa Inggris pada anak kelas 2 SD Mathalul Koeriyah BDG."

1.3         Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapat data empiris mengenai pengaruh mendengarkan lagu ABC terhadap kemampuan mengingat pengucapan abjad dalam bahasa Inggris pada anak kelas 2 SD Mathalul Koeriyah BDG
Dari penelitian diharapkan dapat memberi kegunaan :
a.       Untuk menambah pengetahuan khususnya mengenai materi memori.
b.       Untuk membantu dalam memahami praktikum dengan menggunakan metode eksperimen dan metode statisik.
c.       Untuk membantu anak dalam menghafalkan pengucapan huruf alphabet dalam bahasa Inggris.

d.      Memberikan cara baru kepada pihak sekolah untuk memberi kemudahan dalam memberikan hapalan bahasa Inggris.
Tag : MAKALAH
0 Komentar untuk " CONTOH MAKALAH PENGARUH MENDENGARKAN LAGU ABC TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT PENGUCAPAN ABJAD DALAM B. INGGRIS PADA ANAK KELAS 2 SD MATHALUL KOERIYAH BANDUNG BAB I "

Back To Top