CONTOH MAKALAH PENGARUH MENDENGARKAN LAGU ABC TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT PENGUCAPAN ABJAD DALAM B. INGGRIS PADA ANAK KELAS 2 SD MATHALUL KOERIYAH BANDUNG BAB II TINJAUAN PUSTAKA

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA


2.1         Kerangka Pemikiran
Dalam proses belajar terjadi adanya proses memahami konsep-konsep yang terkandung dalam setiap hal yang dipelajarinya. Untuk dapat menghayati, mengkoordinasi, dan mempertahankan tentang berbagai informasi yang diperoleh dalam proses belajar dapat dilakukan dengan beberapa ca.ra di antaranya, yaitu : Relearning (menguasai kembali suatu yang pernah kita lakukan), Recognition (mengenal kembali objek / peristiwa yang perna.h kita peroleh pada masa lalu, Recall (mengingat kembali), Reintegrasi (mengkonstruksi seluruh masa lalu yang pernah kita peroleh dari petunjuk ingatan yang kecil atau sedikit).
William Stern ( 19:103 ) mengatakan bahwa memori atau ingatan adalah suatu kemampuan menghubung-hubungkan pengalaman masa lampau dengan pengalaman masa sekarang. Jadi, apa yang sudah melekat pada masa lampau direproduksi pada masa kini. Proses terjadinya ingatan didahului oleh stimulus yang masuk melalui alat indra seseorang yang kemudian disimpan dalam ingatannya dan sewaktu-waktu dapat diambil kembali.
Ingatan terdiri dari 2 jenis, yaitu ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang. Dari memori jangka pendek terdapat proses seleksi yang kemudian diteruskan ke memori jangka panjang. Dalam memori jangka panjang diperlukan proses imagery coding, yaitu pembayangan. Pembayangan ini dapat digambarkan dalam sebuah gambaran tentang sesuatu yang kita pelajari.
Ingatan atau memory menurut Hilgard mempunyai 3 tahap yaitu penyandian (enconding, pemasukan pesan ke dalam ingatan), penyimpanan (storage), dan pengambilan (retrieval, mengingat kembali apa yang telah disimpan). Pemanggilan kembali pesan yang telah disampaikan pada waktu yang ditentukan,dalam tahapan-tahapan tersebut seringkali terdapat kegagalan.
Lingkungan di sekitar manusia penuh dengan gelombang-gelombang suara sebagian adalah suara alamiah seperti suara mendesir, gemercik air atau kokok ayam. Sebagian lagi adalah suara buatan seperti bunyi mesin mobil, pabrik, pukulan palu dinding, atau alat musik.
Selama gelombang-gelombang suara itu tidak dirasakan mengganggu manusia maka namanya adalah bunyi (voice), atau suara (sound).
Pendengaran merupakan saluran utama untuk berkomunikasi dan sarana untuk mendengarkan musik, semuanya itu dimungkinkan karena perubahan kecil dalam tingkat tekanan suara dapat menggetarkan membran yang berada di bagian dalam telinga kita.
Telinga memiliki struktur seperti instrumen berdawai dengan setiap bagiannya sesuai dengan frekuensi tertentu, sehingga jika frekuensi tersebut dipresentasikan ke telinga bagian yang bersesuaian akan bergetar.
Musik dapat mengembangkan ingatan dan kecerdasan, meskipun ingatan-ingatan jangka pendek dapat disimpan dalam bentuk imaji, seringkali disimpan sebagai bunyi terutama apabila kita mengingat kata-kata. Ingatan jangka pendek mempunyai kemampuan untuk menampung kurang lebih tujuh bagian informasi. Namun, kelompok-kelompok informasi yang terkait diingat sebagai satu unit, dan dengan demikian volume bahan yang dapat disimpan meningkat secara eksponensial. Informasi yang diucapkan dalam sebuah pola berirama akan mudah untuk dingat sebagai suatu unit.
2.2         Hipotesis

Berdasarkan masalah yang diajukan, maka hipotesisnya adalah " jika lagu ABCD diperdengarkan, maka kemampuan menghapal abjad pada anak kelas 2 SD Mathalul Koeriyah BDG meningkat".
Tag : MAKALAH
0 Komentar untuk " CONTOH MAKALAH PENGARUH MENDENGARKAN LAGU ABC TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT PENGUCAPAN ABJAD DALAM B. INGGRIS PADA ANAK KELAS 2 SD MATHALUL KOERIYAH BANDUNG BAB II TINJAUAN PUSTAKA "

Back To Top