CONTOH MAKALAH PENGARUH MENDENGARKAN LAGU ABC TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT PENGUCAPAN ABJAD DALAM B. INGGRIS PADA ANAK KELAS 2 SD MATHALUL KOERIYAH BANDUNG BAB III METODE PENELITIAN

BAB III

METODE PENELITIAN


3.1         Identifikai Variabel
Indenpendent Variable       :  Pemberian lagu ABC
Dependent Variable        :  Kemampuan mengingat dalam mengucapkan abjad dalam bahasa Inggris.

3.2         Operasional Variabel
a.       Operasional IV
·         Lagu ABC yang diperlukan sebagai treatment diambil dari kaset anak-anak berjudul "mudah belajar b.inggris".
·         Lagu diperdengarkan ketika intruksi menghafal pengucapan abjad diberikan.
b.      Operasional DV
Kemampuan subjek untuk mengingat pengucapan huruf alphabet setelah mendengarkan lagu ABC.

3.3         Design Ekperimen
Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah "randomized two group design", dengan alasan :
Pengelompokkan subjek-subjek ke dalam EG dan CG dilakukan secara random (R). Prosedur random merupakan cara untuk rnengontrol efek dari variabel sekunder yang mungkin terjadi.


Kelebihan Randomized two group design :
·         Prosedur random dalam pemilihan subjek memungkinkan ditarik asumsi : kondisi awal kedua kelompok adalah sama.
·         Observasi yang hanya satu kali dan prosedur random dalam pengelompokan subjek memungkinkan "kontaminasi eksperimental" yang bersumber dari varians sekunder dapat dikontrol (tidak terjadi pengaruh dari luar : emisi, faktor belajar).

Keterbatasan :
·         Jika observasi terhadap dua kelompok percobaan dilakukan dalam waktu yang berbeda, ada kemungkinan terjadi faktor-faktor diluar eksperimen dapat mempengaruhi pengukuran DV.
·         Bila prosedur random dilakukan secara kaku, memungkinkan terbentuknya dua kelompok yang sangat mencolok (jumlah kelompok eksperimen kecil dan kelompok kontrol yang sangat besar, dan begitu pula sebaliknya}. Akibatnya nilai rata-rata (mean score) untuk kedua kelompok tidak reliabel untuk dibandingkan.



3.4         Control Variabel
Gambaran jalannya Eksperimen :
a.       Penelitian dilakukan pada siswa kelas 2 SD Mathalul khoeriyah Bandung
b.       Siswa kelas 2 dibagi dua yaitu kelompok kontrol (CG) dan ekperimenter (EG)
c.       Pembagian kelompok dilakukan dengan pengelompokan nomor ganjil untuk kelompok CG dan nomor Genap untuk kelompok EG
d.      Kelompok CG diberikan hapalan abjad selama 15 menit (before
e.       Setelah itu eksperimenter mengelompokkan kelompok CG menjadi 3 kelompok untuk dites
f.        Ekperimenter menanyakan abjad yang telah dihapalkan tersebut selama 15 menit bergantian pada anak yang berbeda.
g.       Kemudian setelah selesai kelompok EG diperdengarkan hapalan melalui kaset ABC selama 15 menit (after)
h.       Setelah itu ekperimenter membagi kelompok EG menjadi 3 kelompok untuk dites
i.         Ekperimenter menanyakan abjad yang telah dihapalkan tersebut selama 15 menit bergantian pada anak yang berbeda.
j.         Ekperimenter membandingkan hal antara kemampuan menghafal before obervation dan kemampuan menghapal after obervation.

3.5         Uncontroled Variable
Uncontroled Variable ialah variabel dimana peneliti sulit untuk menentukan kapan variabel itu muncul, hal ini bisa dari dalam din individu yang bersangkutan seperti mood,minat,suasana hati pada saat tes, clan juga yang berasal dari luar seperti suhu udar dan keadaan ruangan yang tidak nyaman.

3.5.1   Alat ukur
Alat ukur yang digunakan berupa karton berluliskan abjad dari huruf A - Z, tape Compo, stopwatch, tabel skoring, kertas untuk observasi.

3.5.2   Kegunaan alat bantu
Kegunaan alat ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan mengingat dalam pengucapan abjad bahasa inggris yang diberikan lagu ABC berima riang dengan pemberian secara langsung oleh guru atau eksperimenter.

3.5.3   Populasi dan sampel
Populasi dan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak kelas 2 SD Mathalul Khoeriyah Bandung.
3.6         Prosedur Penelitian
Tahap persiapan :
a.       Mempersiapkan alat ukur.
b.       Melihat ruangan kelas yang akan digunakan.
c.       Melakukan proses administrasi yang berhubungan dengan tata terbit penelitian.

Tahap pelaksanaan :
a.       Mempersiapkan ruangan yang akan digunakan sebagai tempat eksperimen.
b.       Mempersiapkan alat ukur yang akan digunakan.
c.       Mempersiapkan sampel penelitian di tempat eksperimen.
d.      Memberikan Instruksi sebelum pre-test kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
e.       Treatment diberikan sepanjang waktu pelaksanaan tes yaitu 60 menit.
f.       Setelah treatment diberikan, semua sampel menyebutkan abjad bersama-sama.
g.      Pertemuan ditutup epilog dengan pembagian makanan.

Tahap Akhir
a.       Menghitung hasil jawaban yang benar dari setiap subjek penelitian, dengan patokan nilai yang telah ditetapkan.
b.       Data yang diperoleh kemudian diubah dan dianalisis dengan statistik yang telah ditentukan.
c.       Membuat laporan hasil penelitian.

3.7         Sistem Penilaian
1.       Menentukan patokan nilai skoring, jawaban yang benar diberi nilai 3, jawaban yang salah diberi nilai 2, serta anak yang tidak menjawab diberi nilai 1.
2.       Memberi nilai pada setiap jawaban yang diberikan oleh setiap subjek.
3.       Menghitung jumlah jawaban yang benar pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.

3.8         Analisis Statistik
Teknik analisis yang dipakai adalah Distribusi Student t yaitu uji statistik yang dirancang untuk membandingkan rata-rata satu sampel dengan sampel lainnya. Meskipun ada beberapa alasan untuk hal itu ada dua alasan utama yaitu rata-rata populasi sering tidak diketahui dan banyak peneliti yang menggunakan kontrol grup dalam penelitian mereka.
Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :
1)      nl adalah kelompok eksperimen dan n2 adalah kelompok kontrol.
2)      Cari jumlah jawaban benar nl dan n2 sehingga didapat x1 dan x2
3)      Mencari rata-rata masing- masing kelompok dengan cara : x = Sx

     N


4)   Mencari simpangan baku masing-masing kelompok dengan cara :
Tag : MAKALAH
0 Komentar untuk " CONTOH MAKALAH PENGARUH MENDENGARKAN LAGU ABC TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT PENGUCAPAN ABJAD DALAM B. INGGRIS PADA ANAK KELAS 2 SD MATHALUL KOERIYAH BANDUNG BAB III METODE PENELITIAN "

Back To Top