BAB III
METODE PENELITIAN
3.1
Identifikai
Variabel
Indenpendent
Variable : Pemberian lagu ABC
Dependent Variable : Kemampuan mengingat dalam mengucapkan abjad dalam
bahasa Inggris.
3.2
Operasional
Variabel
a. Operasional IV
·
Lagu ABC yang
diperlukan sebagai treatment diambil dari kaset anak-anak berjudul "mudah
belajar b.inggris".
·
Lagu
diperdengarkan ketika intruksi menghafal pengucapan abjad diberikan.
b. Operasional DV
Kemampuan subjek untuk mengingat pengucapan huruf
alphabet setelah mendengarkan lagu ABC.
3.3
Design Ekperimen
Design yang digunakan
dalam penelitian ini adalah "randomized two group design", dengan alasan :
Pengelompokkan subjek-subjek
ke dalam EG dan CG dilakukan secara random
(R). Prosedur random merupakan cara untuk rnengontrol efek dari variabel
sekunder yang mungkin terjadi.
Kelebihan Randomized two group design :
·
Prosedur random dalam pemilihan subjek memungkinkan ditarik asumsi : kondisi awal kedua kelompok adalah sama.
·
Observasi yang hanya satu kali dan prosedur random dalam pengelompokan subjek memungkinkan
"kontaminasi eksperimental" yang bersumber dari varians sekunder dapat dikontrol (tidak
terjadi pengaruh dari luar : emisi, faktor belajar).
Keterbatasan :
·
Jika observasi terhadap dua kelompok percobaan dilakukan dalam waktu
yang berbeda, ada kemungkinan terjadi
faktor-faktor diluar eksperimen dapat mempengaruhi pengukuran DV.
·
Bila prosedur random dilakukan secara kaku, memungkinkan terbentuknya dua
kelompok yang sangat mencolok
(jumlah kelompok eksperimen kecil dan kelompok kontrol yang sangat besar, dan begitu pula sebaliknya}. Akibatnya
nilai rata-rata (mean score) untuk kedua
kelompok tidak reliabel untuk dibandingkan.
3.4
Control Variabel
Gambaran jalannya Eksperimen :
a. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 2 SD Mathalul khoeriyah Bandung
b. Siswa kelas 2 dibagi dua
yaitu kelompok kontrol (CG) dan
ekperimenter (EG)
c. Pembagian kelompok dilakukan dengan pengelompokan
nomor ganjil untuk kelompok CG dan nomor
Genap untuk kelompok EG
d.
Kelompok CG diberikan hapalan abjad selama 15 menit (before
e. Setelah itu eksperimenter mengelompokkan kelompok CG menjadi 3 kelompok
untuk dites
f.
Ekperimenter
menanyakan abjad yang telah dihapalkan
tersebut selama 15 menit bergantian
pada anak yang berbeda.
g.
Kemudian setelah
selesai kelompok EG diperdengarkan hapalan melalui kaset ABC selama 15 menit (after)
h. Setelah itu ekperimenter membagi kelompok EG menjadi 3 kelompok untuk dites
i.
Ekperimenter
menanyakan abjad yang telah dihapalkan
tersebut selama 15 menit bergantian
pada anak yang berbeda.
j.
Ekperimenter
membandingkan hal antara kemampuan
menghafal before obervation dan
kemampuan menghapal after obervation.
3.5
Uncontroled
Variable
Uncontroled Variable
ialah variabel dimana peneliti sulit untuk
menentukan kapan variabel itu muncul, hal ini bisa dari dalam din individu yang bersangkutan
seperti mood,minat,suasana hati pada saat tes, clan juga yang berasal
dari luar seperti suhu udar dan keadaan ruangan yang tidak nyaman.
3.5.1 Alat ukur
Alat ukur yang digunakan berupa karton berluliskan abjad dari huruf A - Z,
tape Compo, stopwatch, tabel skoring, kertas untuk observasi.
3.5.2 Kegunaan alat bantu
Kegunaan
alat ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan mengingat dalam
pengucapan abjad bahasa inggris yang diberikan
lagu ABC berima riang dengan pemberian secara
langsung oleh guru atau
eksperimenter.
3.5.3 Populasi dan sampel
Populasi
dan populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah anak kelas 2 SD Mathalul
Khoeriyah Bandung.
3.6
Prosedur
Penelitian
Tahap persiapan :
a. Mempersiapkan alat ukur.
b. Melihat ruangan kelas yang akan digunakan.
c. Melakukan proses administrasi yang berhubungan dengan tata terbit penelitian.
Tahap pelaksanaan :
a. Mempersiapkan ruangan yang akan digunakan sebagai tempat eksperimen.
b. Mempersiapkan alat ukur yang akan digunakan.
c. Mempersiapkan sampel penelitian di tempat eksperimen.
d. Memberikan Instruksi sebelum pre-test
kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
e. Treatment
diberikan sepanjang waktu pelaksanaan tes yaitu 60 menit.
f. Setelah treatment diberikan,
semua sampel menyebutkan abjad bersama-sama.
g. Pertemuan ditutup epilog dengan pembagian makanan.
Tahap Akhir
a. Menghitung hasil jawaban yang benar dari setiap subjek penelitian, dengan patokan
nilai yang telah ditetapkan.
b. Data
yang diperoleh kemudian diubah dan dianalisis dengan
statistik yang telah ditentukan.
c. Membuat laporan hasil penelitian.
3.7
Sistem Penilaian
1.
Menentukan
patokan nilai skoring, jawaban yang benar
diberi nilai 3, jawaban yang salah diberi nilai 2, serta anak
yang tidak menjawab diberi nilai 1.
2. Memberi nilai pada setiap jawaban yang diberikan oleh setiap subjek.
3. Menghitung jumlah jawaban yang benar pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.
3.8
Analisis
Statistik
Teknik analisis yang dipakai adalah Distribusi Student
t yaitu uji statistik yang dirancang untuk membandingkan rata-rata satu sampel
dengan sampel lainnya. Meskipun ada beberapa alasan untuk hal itu ada dua
alasan utama yaitu rata-rata populasi sering tidak diketahui dan banyak
peneliti yang menggunakan
kontrol grup dalam penelitian mereka.
Langkah -
langkahnya adalah sebagai berikut :
1) nl adalah kelompok eksperimen dan n2
adalah kelompok kontrol.
2)
Cari jumlah
jawaban benar nl dan n2 sehingga didapat
x1 dan x2
3)
Mencari rata-rata masing- masing
kelompok dengan cara : x = Sx
N
4) Mencari simpangan baku masing-masing kelompok dengan
cara :
Tag :
MAKALAH
0 Komentar untuk " CONTOH MAKALAH PENGARUH MENDENGARKAN LAGU ABC TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT PENGUCAPAN ABJAD DALAM B. INGGRIS PADA ANAK KELAS 2 SD MATHALUL KOERIYAH BANDUNG BAB III METODE PENELITIAN "