CONTOH MAKALAH PEDAGOGIK TENTANG KEWIBAWAAN PENDIDIKAN BAB I PENDAHULUAN



BAB I



PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah

Setiap individu mempunyai keunikan masing-masing, mempunyai kemampuan dan karakteristiknya masing-masing. Mulai dari yang cepat memahami pelajaran, hingga yang lamban. Mulai dari siswa yang berprestasi, hingga anak yang sarat akan masalah.
Pada setiap kelas di Sekolah Dasar tidak jarang dijumpai peserta didik yang bermasalah baik dalam hal interaksi dengan sesama temannya, maupun dalam hal belajar. Mereka dapat dikategorikan sebagai kelompok yang menuntut layanan bimbingan yang khusus. Temuan lapangan Sunaryo dkk dalam Sunaryo menunjukkan bahwa masalah-masalah siswa sekolah dasar menyangkut aspek perkembangan fisik, kognitif, pribadi, dan sosial.
Adanya rentang keragaman individual siswa yang amat lebar memunculkan populasi khusus target layanan bimbingan, antara lain mencakup:
1.        Siswa dengan kecerdasan dan kemampuan tinggi.
2.        Siswa yang mengalami kesulitan belajar.
3.        Siswa dengan perilaku bermasalah.
Untuk itu, penulis merasa perlu untuk melakukan observasi di Sekolah Dasar, khususnya mengenai penanganan anak bermasalah di SDN Culamegajaya.

B.       Tujuan Observasi

Tujuan diadakannya observasi ini adalah sebagai berikut:
1.        Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling.
2.        Untuk mengetahui dan mengidentifikasi peserta didik yang bermasalah di kelas V di SDN Culamegajaya Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya.
3.        Mengetahui cara penanganan masalah anak di SDN Culamegajaya.

C.      Manfaat Observasi

Laporan ini sangat bermanfaat sekali bagi penulis, karena:
1.        Memberikan kesempatan kepada penulis (mahasiswa) untuk mempelajari, mengamati, dan mengkaji suatu permasalahan yang dihadapi oleh siswa.
2.        Melatih penulis dalam membuat suatu karya tulis agar terbiasa dan lebih baik.
3.         Memberikan kesempatan kepada mahasiswa (penulis) untuk lebih mengenal calon anak didiknya dalam berbagai aspek yang ada dalam diri mereka dan masalah yang mereka hadapi, khususnya anak yang berkesulitan belajar.
4.        Sebagai pedoman untuk pembelajaran.
5.        Sebagai motivasi untuk melakukan suatu observasi, wawancara atau membaca buku-buku yang berhubungan dengan permasalahan anak atau siswa.
Tidak hanya bagi penulis, laporan ini juga bermanfaat bagi pembaca, karena:
1.        Mengetahui akan masalah yang dihadapi seorang siswa yang mungkin kita tidak menyadarinya.
2.        Lebih mendekatkan pembaca khususnya orang tua dengan anaknya, dengan memberikan perhatian, kesempatan dan motivasi bagi mereka.
3.        Menumbuhkan rasa ingin tahu dan kepedulian akan masalah yang dihadapi oleh siswa.
0 Komentar untuk " CONTOH MAKALAH PEDAGOGIK TENTANG KEWIBAWAAN PENDIDIKAN BAB I PENDAHULUAN "

Back To Top