BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Setiap individu mempunyai keunikan masing-masing, mempunyai kemampuan dan
karakteristiknya masing-masing. Mulai dari yang cepat
memahami pelajaran, hingga yang lamban. Mulai dari siswa yang berprestasi, hingga anak yang
sarat akan masalah.
Pada setiap kelas di Sekolah Dasar tidak jarang
dijumpai peserta didik yang bermasalah baik dalam hal interaksi dengan sesama
temannya, maupun dalam hal belajar. Mereka dapat dikategorikan sebagai kelompok
yang menuntut layanan bimbingan yang khusus. Temuan lapangan Sunaryo dkk dalam
Sunaryo menunjukkan bahwa masalah-masalah siswa sekolah dasar menyangkut aspek
perkembangan fisik, kognitif, pribadi, dan sosial.
Adanya rentang keragaman individual siswa yang amat
lebar memunculkan populasi khusus target layanan bimbingan, antara lain
mencakup:
1.
Siswa dengan
kecerdasan dan kemampuan tinggi.
2.
Siswa yang mengalami
kesulitan belajar.
3.
Siswa dengan perilaku
bermasalah.
Untuk itu, penulis merasa perlu untuk melakukan
observasi di Sekolah Dasar, khususnya mengenai penanganan anak bermasalah di
SDN Culamegajaya.
B. Tujuan Observasi
Tujuan diadakannya observasi ini adalah sebagai
berikut:
1.
Untuk memenuhi salah
satu tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling.
2.
Untuk mengetahui dan mengidentifikasi
peserta didik yang bermasalah di kelas V di SDN Culamegajaya Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya.
3.
Mengetahui cara penanganan
masalah anak di SDN Culamegajaya.
C. Manfaat Observasi
Laporan ini sangat
bermanfaat sekali bagi penulis, karena:
1.
Memberikan kesempatan
kepada penulis (mahasiswa) untuk mempelajari, mengamati, dan mengkaji suatu
permasalahan yang dihadapi oleh siswa.
2.
Melatih penulis dalam
membuat suatu karya tulis agar terbiasa dan lebih baik.
3.
Memberikan
kesempatan kepada mahasiswa (penulis) untuk lebih mengenal calon anak didiknya
dalam berbagai aspek yang ada dalam diri mereka dan masalah yang mereka hadapi,
khususnya anak yang berkesulitan belajar.
4.
Sebagai pedoman untuk
pembelajaran.
5.
Sebagai motivasi
untuk melakukan suatu observasi, wawancara atau membaca buku-buku yang
berhubungan dengan permasalahan anak atau siswa.
Tidak hanya bagi penulis, laporan ini juga bermanfaat
bagi pembaca, karena:
1.
Mengetahui akan
masalah yang dihadapi seorang siswa yang mungkin kita tidak menyadarinya.
2.
Lebih mendekatkan
pembaca khususnya orang tua dengan anaknya, dengan memberikan perhatian,
kesempatan dan motivasi bagi mereka.
3.
Menumbuhkan rasa
ingin tahu dan kepedulian akan masalah yang dihadapi oleh siswa.
Tag :
MAKALAH PEDAGOGIK
0 Komentar untuk " CONTOH MAKALAH PEDAGOGIK TENTANG KEWIBAWAAN PENDIDIKAN BAB I PENDAHULUAN "