CONTOH METODE DAN RENCANA PENELITIAN PROPOSAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA TENTANG BILANGAN BULAT MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH.



METODE DAN RENCANA PENELITIAN

1.    Metode Penelitian
                     Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas  (PTK), dengan mengacu kepada strategi pemecahan masalah. Alasan penggunaan PTK karena penulis  melakukan penelitian dikelas yang dipegang penulis. Dengan melakukan PTK berarti guru dapat melihat kembali apa yang sudah dilakukan selama ini di kelasnya, dan dapat memberikan keterampilan pada guru untuk segera menanggulangi masalah-masalah kelas yang dihadapi untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas kerjanya. Selain itu PTK merupakan salah satu upaya untuk memperbaiki mutu program pembelajaran di semua jenjang pendidikan termasuk sekolah dasar.
          Strategi yang akan digunakan adalah strategi pemecahan masalah. Setting penelitian dan Karakteristik subjek penelitian
Penelitian  tindakan kelas dilakukan pada pembelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kalangsari Tasikmalaya untuk materi bilangan bulat. Jumlah siswa sebagai subyek penelitian adalah 36 orang.Terdiri dari 18 laki-laki dan 18 perempuan. Adapun alasan pemilihan lokasi atas dasar SD tersebut tempat penulis mengajar, yang sudah tentu penulis memahami karakter siswa dan keadaan siswa yang perlu peningkatan pembelajaran.
2.    Tempat Penelitian
Dalam penelitian ini penulis mengambil lokasi dari SDN Kalangsari Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya.
3.    Variabel yang diselidiki
a.    Variabel Input
1)   Penguasaan awal siswa terhadap soal cerita tentang bilangan bulat sebelum tindakan pembelajaran dengan menggunakan pemecahan masalah.
2)   Penguasaan guru terhadap strategi  pemecahan masalah.
b.    Variabel Proses
Variabel prosesnya adalah tindakan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan pemecahan masalah dan tindakan guru guna  meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang bilangan bulat.

c.    Variabel Output
1)   Meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang bilangan bulat.
2)   Meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan strategi pemecahan masalah.
4.    Rencana Tindakan
Penelitian direncanakan dalam dua siklus rancangannya adalah sebagai berikut:
a.    Tindakan pembelajaran siklus 1
1)   Perencanaan
1.    Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran
2.    Menyiapkan alat bantu pembelajaran
3.    Membuat lembar kerja siswa
4.    Membuat alat evaluasi
2)   Pelaksanaan
Melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi pemecahan masalah. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kemudian guru menanamkan konsep dan penerapan strategi pemecahan masalah serta melakukan evaluasi.
3)   Observasi
Melakukan observasi terhadap jalannya proses belajar mengajar ketika pembelajaran berlangsung dan observer mencatat kejadian yang berhubungan dengan penelitian.
4)   Analisis dan refleksi
Dalam hal ini penulis menganalisis dan merefleksi rencana pelaksanaan pembelajaran dalam menyelesaikan soal cerita tentang bilangan bulat, penggunaan strategi pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang bilangan bulat.
Hasil analisis dan refleksi pelaksanaan siklus 1 dijadikan bahan acuan dalam melaksanakan tindakan siklus II.
b.    Tindakan Pembelajaran Siklus II
Prosedurnya sama dengan tahap pertama dengan fokus perbaikan hal-hal yang dianggap lemah atau tidak memenuhi target pada siklus I, mencari titik lemah siklus I kemudian di observasi lagi di siklus II baik dari segi rencana, proses dan evaluasi.

Data dan Cara Pengumpulannya
Jenis Data dan Cara Pengumpulannya
No
Jenis Data
Cara Pengumpulannya/alat- alat
1
Penguasaan konsep siswa terhadap soal cerita tentang pecahan.
Melalui tes awal, analisis terhadap jawaban siswa.
2
Kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran
Observasi terhadap kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan lembar observasi.
3
Aktifitas siswa dalam pembelajaran
Observasi terhadap aktifitas siswa dalam pembelajaran dengan lembar observasi.
4
Pemahaman konsep mengenai soal cerita tentang pecahan setelah proses pembelajaran
Eksplorasi terhadap hasil kerja siswa dalam pembelajaran melalui tes akhir


Selain data diatas ,juga akan dilakukan observasi terbuka data-data lain yang terkait dengan prosedur, situasi dan kondisi pelaksanaan PTK. Data-data tersebut akan dijaring melalui catatan kegiatan selama proses pembelajaran . Dan terlebih dahulu melakukan kesepakatan dengan observer sebelum melakukan observasi mengenai indikator yang akan di observasi tersebut.
c.    Indikator Kerja
Tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang bilangan bulat  melalui penerapan strategi pemecahan masalah adalah sebagai berikut:
1)   Bagi guru
Menurut Cucu Komara (2001:65) guru mampu menunjukan kinerja baik jika memenuhi sekurang-kurangnya 80% dari indikator yang telah ditetapkan untuk setiap aspek kinerja guru dalam PTK . Dan juga guru menunjukkan keberhasilan dalam mengelola pembelajaran apabila penguasaan  siswa dalam  menyelesaikan soal cerita tentang bilangan bulat adalah 80%.
2)   Bagi siswa
1.    Tingkat keterampilan siswa dapat meningkat apabila:
2.    Penguasaan siswa terhadap konsep materi bilangan bulat 80%.
3.    80% siswa dapat menyelesaikan soal cerita tentang  bilangan bulat dengan menggunakan strategi pemecahan masalah.
d.   Tim Peneliti dan Tugasnya
        Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan oleh peneliti yang merupakan guru kelas di kelasnya sendiri. Peneliti dengan strategi pemecahan masalah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang bilangan bulat. Sejak pengidentifikasian masalah hingga penelitian berakhir, akan dilibatkan seorang peneliti mitra yaitu guru kelas 5. Peneliti mitra ini bertugas sebagai observer dan salah satu mitra dalam proses tiangulasi untuk keperluan refleksi.
0 Komentar untuk " CONTOH METODE DAN RENCANA PENELITIAN PROPOSAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA TENTANG BILANGAN BULAT MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH. "

Back To Top