CONTOH TEKNIK-TEKNIK MEMAHAMI PERKEMBANGAN SISWA (TEKNIK NON TES 1: OBSERVASI, WAWANCARA, ANGKET) BAB I



BAB I



PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

Bimbingan merupakan suatu usaha bantuan yang diberikan kepada murid dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapinya. Salah satu hal yang penting dalam memberikan bimbingan ialah dalam memahami perkembangan murid secara keseluruhan, baik masalah yang dihadapinya maupun latar belakangnya. Dengan demikian murid akan memperoleh bantuan yang tepat dan terarah. Pemahaman murid ini merupakan salah satu langkah yang harus dilaksanakan oleh pembimbing. Untuk dapat memahami murid dengan sebaik-baiknya, maka pembimbing perlu sekali mengumpulkan berbagai keterangan atau data tentang masing-masing murid. Undang-Undang Sistem Nasional No.20 tahun 2003 pasal 3 dinyatakan bahwa pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Dilihat dari Undang-Undang diatas, bimbingan sangatlah berperan dalam pendidikan. Karena, pendidikan tanpa bimbingan tidak akan berjalan dengan baik. Pemikiran inilah yang menjadi latar belakang betapa pentingnya seorang guru mampu memahami bagaimana cara menggunakan teknik tes dan non-tes pada murid supaya setiap murid berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya. Pada bagian ini kami hanya akan membahas tentang teknik non-tes.
Teknik nontes merupakan teknik pengumpulan data yang tidak baku dan hasil rekayasa dari guru dan sekolah. Adapun kegunaan teknik nontes ialah untuk mengumpulkan data yang tidak dapat dikumpulkan dengan teknik tes, seperti kebiasaan belajar siswa baik di sekolah maupun di rumah, keterangan orangtua dan lingkungannya mengenai diri siswa, dan lainnya. Teknik nontes yang akan kita bahas bersama adalah: observasi, angket, dan wawancara.
0 Komentar untuk " CONTOH TEKNIK-TEKNIK MEMAHAMI PERKEMBANGAN SISWA (TEKNIK NON TES 1: OBSERVASI, WAWANCARA, ANGKET) BAB I "

Back To Top