BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Anak-anak bukanlah orang dewasa
kecil, ia seorang makhluk yang berbeda dengan orang dewasa, ia makhluk yang
berpikir, berperasaan, berkemauan, berkehendak, bertindak, hidup dan bertingkah
laku dengan caranya sendiri. Hal ini sangat penting untuk dimengerti oleh
pendidik di Taman Kanak-kanak, agar dapat menyelesaikan cara-cara perlakuan
mereka dengan karakteristik dan kebutuhan anak.
Pendidikan di Taman Kanak-kanak
memberi kesempatan sepenuhnya untuk memenuhi kebutuhan berekpresi dengan
berbagai-bagai cara dan media kreatif melalui bidang pengembangan daya cipta,
seperti kegiatan – kegiatan dengan menggunakan kertas, pensil berwarna, krayon,
tanah liat, bahan alam, bahan bekas, dan sebagainya. Dalam pelaksanaan
pengajaran dengan metode proyek, guru TK menciptakan situasi yang mengandung
makna penting yang memungkinkan berkembangnya kakuatan-kekuatan yang dimiliki
anak dan perluasan minat anak serta pengembangan kreativitas dan tanggung
jawab, baik secara perseorangan maupun secara kelompok.
B. Tujuan Pembuatan Makalah
Tujuan pembuatan makalah ini adalah
untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Metode Pengembangan Daya Pikir dan
Daya Cipta. Adapun tujuan lain dari pembuatan makalah ini adalah untuk menambah
wawasan penulis khususnya dan pembaca umumnya.
Tag :
MAKALAH
0 Komentar untuk " CONTOH MAKALAH PENGEMBANGAN DAYA PIKIR DAN DAYA CIPTA MELALUI METODE PROYEK DI TK BAB I "